Rabu, 14 Maret 2012

BAGAIMANA CARA KERJA SEARCH ENGINE?

Banyak nya suatu web yang mempunyai banyak halaman (artikel/post/dsb.) dengan nama yang berbeda sesuai kehendak penulis membuat kita bingung untuk menemukan suatu topic yang kita inginkan. Hadirnya SEARCH ENGINE dalam dunia internet tentu memudahkan kita dalam mencari info yang kita butuhkan. Tetapi pernahkah anda memikirkan bagaimana cara kerja dari search engine yang anda gunakan tersebut sehingga membantu anda menemukan apa yang anda cari? Inilah sedikit ulasan mengenai bagaimana search engine bekerja.
Secara singkat cara kerja search engine ialah saat kita memasukan suatu keyword, suatu search engine akan mulai mencari dalam database nya apa saja dan siapa saja yang tersmasuk dalam keyword tersebut lalu memunculkan page-page pilihan yang sekiranya berkaitan dengan keyword tersebut.

Jika dijabarkan, search engine menggunakan crawler-based yang artinya, suatu search engine mempunyai robot software yang disebut ‘spider’ yang kerjanya menemukan dan menyimpan suatu kata yang ada pada suatu situs web. Spider biasanya memulai kerjanya pada suatu halaman web yang mempunyai tingkat popularitas tinggi, ia mulai mengindeks kata-kata (bisa dari judul, sub-judul, meta tag, dsb) yang ada pada web tersebut lalu menelusuri setiap link yang ada pada situs tersebut. Spider lalu mengambil konten dari suatu halaman web juga menciptakan kata kunci yang berhubungan dengan konten tersebut yang pada akhirnya memunculkan suatu link (juga dapat berupa gambar/video) pada seorang user yang tengah melaukan pencarian menggunakan search engine-nya.

Nah chingu, begitu lah kira-kira behind the screen dari kerja suatu search engine hhehe~ semoga artikel ini bermanfaat, ameenn :D

1 komentar:

Blogger mengatakan...

Submit your website or blog now for indexing in Google and over 300 other search engines!

Over 200,000 sites indexed!

SUBMIT RIGHT NOW with I NEED HITS!

Posting Komentar

Clock Widgets