Kamis, 15 Maret 2012

SEARCH ENGINE = WEB DIRECTORIES ?

Pertanyaan simple tapi butuh waktu untuk menjawab bagi yang tidak mengetahui apakah search engine sama dengan directory? Utuk pertanyaan ya atau tidak kita bisa dengan mudah menjawab bahwa mereka tidak sama tapi jika harus dijabarkan apa bedanya bagaimana? Ini dia ulasan singkat mengenai perbedaan search engine dan directory.

Masih ingatkan chingu~ apa itu search engine? singkatnya search engine pasti mempunyai 'spider' yang tugasnya mengindeks sebuah kata lalu menyimpannya dalam sebuah database search engine. Nah, jika web directory singkatnya adalah merupakan database dari hasil human-compile atau yang lebih dikenal dengan human-powered search engine. Contohnya yaitu Yahoo!, untuk mencari suatu directory kita harus pergi pada page yang dikhususkan untuk directory. Directory sangat berguna pada saat kita tidak mengetahui -clue apapun untuk sesuatu yang kita cari. Perlu diingat bahwa saat kita menelusuri suatu directory, kita tidak mencari suatu teks / isi dari halaman tersebut melainkan kita hanya mencari judul / deskripsi dari halaman tersebut. Saat directory tidak dapat menemukan hal yang cocok dengan keyword yang kita masukan ia juga terkadang mengambil data dari search engine.

Nah itulah penjelasan singkat yang bisa saya beritahu. Saya sedih lebih condong membahasa directory karna search engine sudah dibahas sebelumnya. Semoga post ini bermanfaat :)

1 komentar:

Arief Rahman mengatakan...

akhirnya yang selama ini saya bingungkan terjawab juga... thanks infox....

by Jendela Dunia

Posting Komentar

Clock Widgets