Selasa, 20 Maret 2012

BAGAIMANA SEARCH ENGINE MENILAI SUATU WEB PAGES ?

Saat melakukan suatu pencarian dalam web, kita menggunakan suatu search engine [SE] untuk memudahkan pencarian kita. Beberapa halaman web yang mengandung keyword yang telah kita input dalam suatu SE akan muncul dibeberapa halaman. Tapi bagaimana bisa suatu halaman web/blog dapat muncul dalam halaman pertama dengan posisi teratas pada laman SE tersebut sedangkan terdapat berjuta-juta web diluar sana? Setiap SE mrmiliki cara yang berbeda atas penilaian terhadap suatu web/blog tetapi untuk singkatnya sebuah SE bekerja seperti ini :



Search Engine yang berbasis crawler umumnya mengikuti aturan : lokasi, lokasi, .. frekuensi yang merupakan salah satu aturan dari suatu algoritma untuk menilai (memberikan ranking) pada suatu blog. Suatu halaman yang dalam HTML nya mengandung istilah-istilah dianggap lebih relevan. SE juga akan memeriksa apakah keyword yang kita masukan terdapat dibagian atas atau awal web /  blog apa tidak hal ini dikarenakan bila suatu web/blog yang relevan dengan topik yang kita inginkan pasti kata-kata yang benar atau berhubungan dengan topik sudah dibahas dari awal seperti dalam judul atau paragraf awal. Ingat bahwa setiap SE mempunyai cara yang tidak sama pada penilaian suatu web/blog bisa dikarenakan faktor pengindeksan yang lebih sering dibanding yang lain atau yang lainnya. Itulah mengapa terkadang hasil yang kita dapatkan pada satu SE berbeda dengan SE lainnya. Perlu diingat bahwa SE juga dapat mengucilkan kita dari indeks mereka jika didapati spam dalam blog / web kita.

Webmaster membuat SE berbasis crawler terus menerus bekerja (mengindeks) karna demi mendapatkan peringkat yang baik dalam suatu SE webmaster terus menerus menulis ulang halaman web mereka. Beberapa webmaster bahkan berusaha sangat keras untuk me-riverse engineer- sistem lokasi atau frekuensi yang digunakan suatu SE, hal itu menyebabkan kini SE yang telah besar namanya menggunakan "off the page" untuk kriteria suatu penilaian mereka. Off the page membuat webmaster tidak dengan mudah dapat mempengaruhi peringkat dari suatu halaman web / page. Dengan menganalisa bagaimana suatu halaman me-link satu dengan yang lainnya, SE dapat menilai mana halaman yang dianggap baik atau penting yang kemudian bisa diberikan penilaiannya.



Itulah penjelasannya singkatnya chingu~ semoga dapat mudah dimengerti ^_^ 

0 komentar:

Posting Komentar

Clock Widgets