Sabtu, 17 Maret 2012

PERBANDINGAN LOKAL DAN NONLOKAL SEARCH ENGINE


Di Internet, terdapat puluhan mungkin bahkan ratusan search engine [SE] yang dapat membantu kita dalam mencari suatu website / page yang kita inginkan. Disini saya akan membandingkan bagaimana kinerja dari suatu SE lokal (INDONESIA’s SE) dengan SE nonlocal (out of Indonesia).

      ·         NON LOKAL
     Akan ada beberapa search engine nonlokal yang akan saya bahas disini berdasarkan analisi saya, dimulai dari :
§  Google
Siapa orang yang belum pernah menggunakan SE ini? Tentu saja orang yang belom pernah internetan hahaha~ pasalnya google merupakan Search Engine no: 1 baik dari segi apapun itu dan dipastikan setiap orang (yang pernah berinternet) pasti pernah menggunakan google.Seperti SE lainnya, google juga menggunakan spider dalam programnya. Google memiliki indeks yang besar dan luas, penempatan hasil pencarian Google urutkan berdasarkan PageRank dari suatu web. PageRank ditentukan dari frekuensi dan lokasi kata kunci pada suatu web, beerapa lama web tersebut exis dan jumlah halaman dari web lain yang me-link ke halaman tersebut. Beberapa SE tool google ialah Google Sitemaps, AdWords Keyword Tool, Google Suggest, Google Trends, dsb.

§  Yahoo
Tentu kita sudah tahu bahwa yahoo tidak hanya berkutik dalam SE saja. Untuk itu, yahoo lebih banyak menggunakan link-link yang memuat konten mereka sendiri saat kita menggunakan SE mereka. Hal itu sudah jelas karena mereka ingin mempromosikan konten mereka terlebih dahulu (seperti yahoo! Shoping, yahoo! Answer, dsb.). Dalam SEO-nya yahoo memiliki Overture Keyword Selector Tool yaitu menunjukan page yang paling dicari perbulan, Overture View Bids Tool, Yahoo! Site Explorer yang menunjukan halaman mana yanh yahoo telah indeks dari suatu situs, dsb.

§  Bing
Bagi Microsoft, Bing bukan Search Engine tapi Decision Engine karena Bing dirancang untuk meminimalkan sejumlah hal yang tidak kita inginkan saat melaukan suatu pencarian dan membantu menyederhanakan tugas yang dapat mempermudah kita dalam mengambil keputusan. Bing memfokuskan pada pencarian: Shooping, Travel, Lokasi dan Kesehatan. Bing memiliki fitur Autosuggest yang berfungsi merekomendasikan kata berdasarkan huruf pertama yang kita ketik juga ada Best Match yang merekomendasikan apa yang Bing percaya merupakan pilihan yang paling tepat. Bing juga memiliki fitur Deep Link yang membiarkan pengguna melihat suatu situs tanpa harus meng-klik pada link dan masih banyak lagi fitur positif pada Bing.

§  MSN
MSN berada dibawah Google dan Yahoo mengenai crawling-based nya. Mereka lebih ahli dalam menghindari session ID’s, mengirim bots cookies atau menggunakan banyak variabel dalam URL.Dibanding SE lain, MSN lebih cepat memberkan rank pada site yang baru karena mereka memiliki link burst. Beberapa SE tool MSN ialah Keyword Search Funnel Tool, Demographic Prediction Tool, Online Commercial Intenton Detection Tool, dsb. Tapi kini MSN telah digantikan oleh BING sebagai SE dari Microsoft.

§  Ask
Ask lebih lambat pada saat melakukan crawling page atau site baru dibandingkan SE lainnya. Dikarenakan mereka memiliki Bloglines, mereka lebih cepat dalam mengindeks suatu konten blog yang populer. Kelemahan Ask ialah mereka mempunyai distribusi terbatas dan memiliki ketergantungan pada Google untuk menyediakan link sponsor mereka.

      ·         LOKAL
    Sekarang nezza akan membahas Search Engine yang berasal atau dibuat intinya SE ini dari Indonesia. Sedikit sulit dalam menggali informasi mengenai SE Indonesia karena tingkat kepopuleran SE yang kurang tapi semoga penjelasan berikut akan membantu.

§  Halloindonesia
HalloINDONESIA merupakan situs berbahasa Indonesia tapi setelah saya telusuri ternyata site ini berasal dari US tapi memang dikhususkan untuk artikel Indonesia. Dan sepertinya masih banya indeks yang belum mereka punya tetapi mereka masih tetap memberikan link suggesti.

§  Cangkok
Tampilan Cangkok hampir sama dengan google tapi tidak fiturnya. Cangkok hanya memiliki 2 fitur tambahan yaitu kalkulator dan keyword. Sehubung Cangkok merupakan SE Indonesia, mereka hanya memfokuskan diri pada pencarian berbahasa Indonesia. Masih banyak indeks yang belum cangkok punya, hingga saat ini cangkok masih mengembangkan direktori nya.

§  Indonesia-search
 
Untuk situs yang satu ini, mereka menggunakan bantuan dari 3 search engine terkemuka yaitu google, yahoo dan bing. Kita dipersilahkan memilih mau menggunakan SE apa. Saat saya mencoba menggunakan yahoo! Dan bing mereka membuka tab baru lalu menunjukan hasil pencarian pada situs yahoo! Dan bing nya sendiri tapi saat saya mencoba menggunakan google ternyata google menolak akses nya.

Nahh itu dia info yang bisa saya berikan mengenai search engine lokal dan nonlokal, sekalipun pada pembahasan SE lokal masih kurang lengkap, saya mohon ma’af tapi semoga artikel ini dapat memberikan info yang berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

Clock Widgets