Selasa, 13 Maret 2012

HAL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM E-BUSINESS

Dalam melakukan e-business, diperlukan beberapa tindakan agar transaksi yang akan dilakukan antara costumer nanti nya berjalan mulus tanpa takut akan resiko seperti penipuan, ketidakpercayaan konsumen pada bisnis kita atau hal negatif lainnya. Hal penting yang harus dilakukan ialah:

     Bangun rasa kepercayaan konsumen

Dari awal kita harus mempunyai rencana bagaimana kepercayaan konsumen dapat tercipta saat mereka tahu bahwa anda melakukan bisnis online dalam blog/website. Kepercayaan konsumen merupakan hal paling penting karena jika terdapat keraguan yang dirasai konsumen akan memberikan efek buruk pada usaha kita. Setidaknya agar konsumen percaya akan usaha kita, setidaknya kita harus melakukan :

- Online branding, maksudnya ialah dimana apa yang kita jual, siapa kita memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Citra yang baik harus kita berikan melalui pesan-pesan yang ada di blog/website kita. Pengunjung kadang ingin tahu siapa yang melakukan bisnis untuk itu jangan lupa setidaknya memberikan tempat untuk anda menulis profil anda dalam website/blog tsb.

- Design Website, jika website/blog yang anda kelola memiliki tampilan yang tidak menarik bagaimana bisa pengunjung tertarik akan apa yang anda jual. Sebaliknya jika website/blog terlihat bagus sehingga menimbulkan image professional pasti akan membangun rasa kepercayaan konsumen.

- Konten, dalam suatu website/blog knten merupakan kunci utama dalam hal pemberian informasi pada pengunjung. Sebuah konten harus jelas, tepat dan terperinci agar membuat pengunjung betah saat memasuki web/blog kita. Jika kita memakai gambar dalam promosi penjualan setidaknya gambar harus bisa dibuka pada ukuran lebih besar agar konsumen bisa melihat lebih rinci barang/jasa yang kita tawarkan. Jika ada konten yang sudah tidak diperlukan lebih baik dihapus agar tidak mengurangi image kita. Dan jangan lupa anda mencantumkan bagaimana cara pembayaran agar konsumen tidak bingung harus bayar kemana, kesiapa atau lewat apa.

- Perlindungan Klient, tidak ada klient yang ingin dirinya berada dalam kasus penipuan, untuk itu kita harus menunjukan pada konsumen bahwa web/blog kita aman. Konsumenpun ingin melindungi privasi mereka untuk itu kita sebagai penjual harus tahu batasan dalam meminta data.

0 komentar:

Posting Komentar

Clock Widgets