Kamis, 17 Mei 2012

INSTAL JOOMLA DI LINUX

Disini saya akan menerangkan langkah-langkah penginstalan joomla di linux ubuntu. Software yang dibutuhkan adalah filezilla. Ini dia langkah-langkah nya :


1. Sebelum menginstal joomla di linux ubuntu, jangan lupa untuk mengaktifkan xampp (ctrl+alt+t) lalu (/opt/lampp/lampp start)
2. Buka software Filezilla lalu isi blank host dengan “localhost”, username dengan “nobody”, password dengan “lampp” lalu klik quick connect sehingga remote site terhubung ke xampp


3. Pilih local site pada folder hasil extract cms (mis: cms joomla), pilih folder tersebut
4. Untuk remote site, click kanan untu create dictionary baru, namai dengan mis: joomla, klik folder baru tersebut. (nama dictionary di usahakan tidak rumit / mudah diingat agar memudahkan proses transaksi ). Buat 1 dictionary baru untuk cms yang akan diinstal misalnya dictionary 'joomla'.
5. Drag file yang ada pada local site pada file remote site, tunggu hingga proses transaksi selesai semua


6. Dalam tahap ini, tugas filezilla selesai, kini masukan address localhost/phpmyadmin ke browser internet (bisa walau tanpa jaringan internet)
7. Buat database baru, untuk memudahkan, buat nama database sesuai dengan nama cms mis: cms joomla maka create database joomla


8. Setelah selesai membuat database baru, Go to web browser, masukan address => localhost/joomla, lalu akan di redirect pada halaman instalasi joomla
9. Pilih bahasa yang akan digunakan untuk proses instalasi, mis : english, lalu klik next

10. Pada step Pre Instalation check, jika semua yang dibutuhkan proses instalasi sudah lengkap maka click next


11. Pada step license, setelah selsesai membaca, klik next


12. Pada step database conf., pilih database type = MySql
      isi :
hostname = localhost,
username = root
kosongkan password,
isi database name dengan yang kita buat sebelumnya di phpmyadmin yaitu joomla


13. Skip Step FTP Configuration, klik next



14. Untuk step Configuration, isi admin username dan password (username dan password akan digunakan untuk log in admin nanti nya)



15. Instalasi selesai. Untuk log in admin hanya bisa dilakukan jika folder instal joomla yang ada di remote site dihapus, untuk mempercepat proses (tidak harus ke fileczilla) joomla menyediakan button remove instal folder, klik button tersebut baru bisa login.



0 komentar:

Posting Komentar

Clock Widgets