Senin, 27 Desember 2010

Perbandingan Repeater, HUB, Switch, Bridge dan Router

1. Repeater
Repeater adalah fasilitas paling sederhana untuk interkoneksi jaringan. Repeater berfungsi untuk mempertahankan integritas sinyal.  Kelebihan dari Repeter sudah jelas yaitu sangat mudah untuk terhubung, memperkuat sinyal dan harganyapun relative lebih murah.

2. HUB
Fungsi HUB adalah sebagai titik pusat koneksi jaringan. HUB merupakan cara mudah untuk menghubungkan perangkat pada jaringan. Hub lebih sering digunakan pada jaringan kecil dimana jumlah data di seluruh jaringan tidak pernah sangat tinggi. Kelebihan HUB adalah harganya yang sangat murah.

3. Switch
Dibanding HUB, Switch lebih canggih karena switch menyaring paket data lalu hanya mengirimkan paket ke port yang terhubung ke alamat tujuan paket tersebut. Salah satu kelebihan Switch ialah switch dapat melipatgandakan kecepatan jaringan

4. Bridge
Fungsi utama Bridge adalah meneruskan data berdasarkan alamat MAC dari perangkat pengirim dan penerima. Bridge membantu menghilangkan tabrakan domain. Tabrakan domain ialah peristiwa dimana dua atau lebih perangkat mencoba untuk mengirimkan informasi pada waktu bersamaan.

5. Router
Router setidaknya menghubungkan dua jaringan (misal 2 LAN). Router membantu menentukan rute terbaik untuk paket tertentu. Kelebihan Router ialah ia dipercaya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap hacking dari software firewall. Router juga murah dan mudah untuk di install.

0 komentar:

Posting Komentar

Clock Widgets